6 Trik Memilih Sistem Absensi Untuk Perusahaan

6-trik-memilih-sistem-absensi-untuk-perusahaan

Setiap perusahaan dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi agar bisa bertahan di tengah persaingan yang sangat ketat. Oleh karena itu, sudah semestinya perusahaan mengedepankan berbagai macam software dan aplikasi yang dapat mendukung aktivitas karyawannya. Salah satunya dengan menghadirkan aplikasi absensi karyawan mengingat sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor terpenting yang mampu mendukung keberhasilan dan kemajuan perusahaan. Dengan memiliki data absensi karyawan, perusahaan bukan hanya dapat memantau kedisiplinan karyawan yang hadir saja, tapi juga membantu perusahaan dalam mempertimbangkan keputusan strategis baik itu seputar perusahaan maupun karyawan. 

Dengan hadirnya begitu banyak sistem absensi yang ada, sudah seharusnya perusahaan selektif dan mempertimbangkan segalanya demi menemukan sistem absensi terbaik. Hal ini penting untuk dilakukan agar kehadiran sistem absensi memperlancar dan mempermudah kegiatan perusahaan, bukan mempersulit dan membuat semuanya terkesan semakin rumit. Untuk itu, diperlukan pertimbangan dan pemikiran yang matang sebelum menentukan sistem absensi karyawan. Ini dia trik untuk memiliki sistem absensi yang tepat: 

Trik memilih sistem absensi secara tepat

1. Sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan 

Sebelum mulai untuk mencari sistem absensi, Anda disarankan untuk terlebih dahulu paham akan kebutuhan dari perusahaan Anda sendiri. Mengingat setiap sistem absensi yang ada pastinya menawarkan fitur-fitur yang berbeda, jadi perusahaan harus memilih sistem yang memang sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan. 

Pemilihan sistem absensi juga harus Anda pastikan dapat mempermudah Anda dalam mengelola karyawan perusahaan sekaligus meningkatkan efektivitas perusahaan Anda secara menyeluruh. Dengan begitu, perusahaan Anda dapat mencapai hasil yang maksimal dan berkembang secara kontinu. 

Baca Juga:  Perbandingan Absensi Tradisional dan Online: Mana yang Lebih Efisien?

2. Sistem keamanan terjamin 

Absensi menjadi bagian data yang sifatnya confidential bagi perusahaan. Hal ini dikarenakan data karyawan telah terintegrasi dengan informasi data pribadi dan gaji karyawan. Dengan kata lain, sistem yang nantinya dipilih akan digunakan perusahaan untuk mengelola data dan menyimpan semua data karyawan secara lengkap. 

Mengingat ini berhubungan dengan data pribadi yang sifatnya rahasia dan krusial, maka perusahaan harus dapat memilih dan mencari aplikasi absensi yang dapat memberikan penawaran keamanan terbaik agar data tidak bocor. 

3. Sifatnya user-friendly 

Arti user-friendly disini berarti dapat digunakan dengan mudah. Ini menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan karena yang menggunakan aplikasi ini adalah para karyawan Anda dengan usia yang beragam. Hadirnya sistem absensi ini bukan untuk mempersulit karyawan dalam melakukan absensi secara mandiri, karena dengan sistem yang sulit akan memotong waktu produktif karyawan. Nah, untuk itu pastikan sistem absensi yang akan Anda gunakan dalam jangka waktu yang panjang mampu menciptakan kenyamanan dan kemudahan dalam pengoperasiannya. 

4. Dapat digunakan untuk semua perangkat 

Software absensi ini akan digunakan oleh seluruh karyawan yang bekerja di perusahaan Anda. Tapi, bukankah setiap karyawan memiliki perangkat yang berbeda satu sama lain? Jadi, pastikan perusahaan memilih sistem absensi yang memang bisa digunakan untuk semua perangkat tanpa terkecuali. Jangan sampai ada karyawan yang tidak dapat mengakses dan menggunakan sistem absensi yang Anda pilih. 

5. Pastikan fitur yang disediakan lengkap 

Sebelum memilih, pastikan Anda mencari aplikasi yang sudah menyediakan fitur yang lengkap. Pilihlah aplikasi yang bukan hanya menyediakan fitur absensi dan kehadiran, tetapi juga fitur lainnya seperti pengajuan cuti dan izin, penggajian, reimbursement, dan lainnya. Dengan satu aplikasi yang sudah Anda pilih akan membuat karyawan Anda nyaman dan mudah dalam mengakses berbagai sistem. 

Baca Juga:  Mengoptimalkan Absensi Karyawan dengan Sistem Absensi Berbasis GPS

6. Sesuaikan dengan budget perusahaan 

Tidak ada yang menolak ketika difasilitasi dengan sistem absensi tercanggih, apalagi sangat mudah ketika digunakan. Tapi, balik lagi, Anda tentu harus menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jangan sampai hanya karena pemilihan sistem absensi yang tidak sesuai dengan budget yang dimiliki, keuangan perusahaan menjadi minus dan terancam. 

Perlu Anda ketahui, semakin banyak fitur dan semakin canggih teknologi yang diberikan, maka harga yang ditawarkan pun akan semakin tinggi. Ketika Anda merasa hal ini tidak sesuai dengan budget yang Anda miliki, sebaiknya Anda sesuaikan pemilihan fiturnya dengan anggaran yang telah dirancang. 

Anda tidak perlu bingung dan pusing tujuh keliling mencari sistem absensi dengan fitur yang lengkap tapi harga tetap masih bisa dijangkau. Ini semua sudah menjadi paketan dari aplikasi KolegaHR. Aplikasi yang bersahabat ini memberikan Anda fitur lengkap seperti perekam absensi, reimbursement, pengajuan cuti, pengajuan lembur, slip gaji hingga koreksi kehadiran. Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut. 

Itu dia trik yang bisa Anda gunakan ketika akan memilih sistem absensi. Pastikan Anda memilih sistem manajemen kehadiran dengan mempertimbangkan pro dan kontranya terlebih dahulu. Faktor utama dan nomor satu yang perlu Anda pertimbangkan adalah kemudahan yang diberikan kepada penggunaannya dan apakah cocok dengan apa yang Anda harapkan. Selain itu, periksa apakah sistem tersebut telah memenuhi kebutuhan khusus Anda baik itu untuk melacak cuti dan izin karyawan, hari libur, penggajian dan lainnya. 

Berinvestasi dengan sistem manajemen kehadiran seperti KolegaHR menjadi keputusan cerdas guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam jangka panjang. Satu solusi terbaik yang mampu mewariskan serangkaian fitur komprehensif yang dirancang untuk mendefinisikan kembali cara organisasi melacak, mengelola dan mengoptimalkan tenaga kerja Anda. 

Baca Juga:  Pentingnya Sistem Kehadiran Karyawan untuk Produktivitas Perusahaan

Jadi, tunggu apalagi? Download dan gunakan KolegaHR segera dan nikmati kemudahan yang diberikan! 

Reference: 

Recent Posts

Categories

Experience effortless convenience at no cost

Sign up now and get 3 months of free absence and payroll management!