Mengapa Mengelola Karyawan Secara Digital itu Penting? Ini Jawabannya!

Pentingnya mengelola karyawan secara digital

Di era digital ini, teknologi membawa banyak perubahan di segala aspek kehidupan manusia, termasuk perusahaan. Peran teknologi sangat berpengaruh dalam mengubah cara kerja perusahaan secara signifikan. Ditambah hadirnya Pandemi Covid-19 yang turut serta mempercepat proses transformasi digital hampir di seluruh perusahaan. Untuk itu, perusahaan dituntut untuk segera beralih mengikuti perkembangan teknologi untuk mengelola sumber daya mereka secara digital atau disebut digitalisasi pengelolaan SDM. 

Di artikel ini, akan dibahas hal-hal yang berkaitan dengan digitalisasi sumber daya manusia (SDM) mulai dari arti, keuntungan hingga tantangan dalam mengadopsi sistem digitalisasi akan diulas. 

Penasaran dengan jawabannya? Jangan lewatkan artikel berikut ini ya! 

Digitalisasi Sumber Daya Manusia (SDM) 

Digitalisasi Sumber Daya Manusia didefinisikan sebagai penggunaan teknologi digital dalam mengelola dan mengoptimalkan segala proses yang berkaitan dengan sumber daya manusia perusahaan. Hal ini juga termasuk kepada penggunaan perangkat lunak HRMS (Human Resources Management System), aplikasi berbasis cloud, platform self-service bagi para karyawan dan hal lainnya guna mendukung otomatisasi dan peningkatan efisiensi dalam mengelola sumber daya manusia (SDM). 

Mengingat Sumber Daya Manusia (SDM) telah banyak berubah sejak era digital merebak dan memberikan dampak yang signifikan bagi perusahaan dalam merekrut, melatih, menilai dan memotivasi karyawan mereka. Maka dari itu, perusahaan tidak hanya sekedar dituntut melek akan teknologi, tetapi juga perlu paham bagaimana teknologi dapat membantu perusahaan dalam manajemen sumber daya mereka. Satu hal yang pasti adalah kita tahu bahwa perubahan teknologi mampu merubah pandangan, cara berkomunikasi dan cara kerja manusia, sehingga harus dipastikan bahwa perubahan ini tidak membawa pengaruh buruk dalam produktivitas, kinerja hingga kepuasan karyawan. 

Baca Juga:  Mengapa Kinerja Karyawan Penting? Ini jawabannya!

Keuntungan Mengelola Karyawan Secara Digital 

Digitalisasi ini membuat kinerja sumber daya manusia menjadi efektif bahkan setiap informasi terdistribusi dengan baik dan terstruktur. Adapun keuntungan lainnya sebagai berikut: 

1. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas: Pengelolaan data karyawan seperti informasi akan data pribadi, absensi, penggajian, evaluasi kinerja dan pelatihan menjadi terintegrasi. Alhasil, aktivitas mengelola data menjadi cepat dan efisien, membuat perusahaan fokus pada aktivitas inti.

2. Optimalisasi Pengambilan Keputusan Strategis: Transformasi digital dalam mengelola sumber daya manusia akan membantu perusahaan dalam membuat keputusan dengan mengacu pada data dan analisis yang akurat. Maka, secara otomatis perusahaan dapat mengambil keputusan dengan tepat dalam mengelola SDM mereka. 

3. Meningkatkan Kepuasan Karyawan: Pemanfaat teknologi membuat komponen ini sangat berpengaruh dan dengan jelas terasa oleh karyawan. Ini mencakup kemudahan dalam mengakses informasi, manajemen gaji yang efisien, jadwal kerja fleksibel, progra, pelatihan dan pengembangan karir menjadi terstruktur dan rapi. Dengan begitu, karyawan menjadi puas dan merasa kebutuhannya telah terpenuhi sehingga membawa perusahaan ke lingkungan kerja yang mendukung dan positif. 

Tantangan Digitalisasi SDM

Transformasi digital bukanlah suatu hal yang bisa disepelekan. Ini karena ketika mengimplementasikan dan beralih ke digital, pastinya ada tantangan yang akan dihadapi. Ada 5 aspek yang menjadi tantangan perusahaan dalam mewujudkan upaya digitalisasi, yaitu: 

1. Keamanan digital: Digitalisasi membuat beberapa perusahaan harus menghadapi berbagai kejahatan yang bisa dilakukan oleh seorang cyber. Untuk itu, perusahaan perlu mengadopsi langkah keamanan yang tepat, seperti enkripsi data, pemantauan dan respons yang aktif terhadap ancaman keamanan. 

2. Kultur organisasi: digitalisasi bukan hanya sekedar mahir dalam menggunakan perangkat, tetapi juga perlu mempertimbangkan kemampuan perusahaan secara menyeluruh dalam beradaptasi dengan perubahan yang ada. Tanpa memikirkan proses adaptasi, digitalisasi bisnis tidak bisa memberikan dampak yang maksimal. 

Baca Juga:  Ini Dia Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Beserta Contohnya!

3. Keterbatasan SDM: banyak perusahaan yang tidak mempunyai departemen IT yang bisa membantu mereka dalam proses digitalisasi bisnis Untuk itu, perusahaan bisa merekrut karyawan sembari memanfaatkan cloud service untuk mengurangi beban kerja tim IT. 

4. Kurangnya biaya: perusahaan menganggap proses digitalisasi memakan biaya yang besar sehingga mereka menunda proses digitalisasi mereka. Untuk mengatasi hal ini terjadi, tetapkan anggaran yang fleksibel dan lakukan digitalisasi secara bertahap. 

5. Manajemen data: untuk meningkatkan efektivitas manajemen data ke arah digital, ini semua bergantung pada upaya dalam melakukan pengumpulan data, penyimpanan serta eksploitasi data secara efektif dan efisien dengan berbagai fitur cloud service dalam memudahkan pengelolaan data. 

Solusi Digitalisasi SDM!

KolegaHR menjadi solusi teknologi end to end bagi perusahaan dalam mengelola kebutuhan otomatisasi pengelolaan data kepegawaian mulai dari proses analisis data, pengaturan cuti dan kehadiran, penetapan penggajian hingga akurasi dalam perhitungan pajak dan BPJS dengan kepastian akurasi tanpa kompromi. 

Yuk, gunakan KolegaHR sebagai teman yang membantu proses Anda dalam mendigitalisasi pengelolaan karyawan. Nikmati unlimited kemudahan dan efisiensi yang ditawarkan oleh KolegaHR sekarang juga, dijamin kalian nggak bisa move-on dari aplikasi ini, deh!

Penutup

Digitalisasi pengelolaan SDM menjadi penting di era digital yang semakin hari semakin berkembang pesat. Dengan mempertimbangkan perlakuan transformasi digital pengelolaan SDM, Anda dapat mengelola karyawan secara digital. Perusahaan harus menjadikan ini sebagai investasi jangka panjang yang bermanfaat dalam membantu persaingan bisnis.  

Yuk, mulai saat ini tinggalkan cara lama atau manual dan beralih ke cara baru yang lebih efisien dalam mengelola sumber daya manusia perusahaan Anda dengan pemanfaatan teknologi. 

Pengelolaan data karyawan secara digital akan membantu perusahaan meninggalkan cara lama atau manual menuju cara baru yang lebih efisien dalam mengelola karyawan.

Baca Juga:  Meningkatkan Keunggulan Bersaing melalui Sistem Manajemen Kinerja yang Efektif

Reference:

Recent Posts

Kategori

Nikmati Kemudahan Tanpa Biaya!

Berlangganan Sekarang untuk 3 Bulan Absensi dan Payroll Gratis!